Hellooo Every body,,,,

Welcome to LYZDA's WORLD

Jumat, 07 Oktober 2011

10 Jurus Bangkit Dari Keterpurukan

Apakah Anda baru saja diputuskan oleh kekasih dan merasa dunia runtuh menimpa Anda? Jangan biarkan diri Anda terpuruk hanya gara-gara pata hati. Banyak kasus bunuh diri yang terjadi belakangan ini diduga antara lain dipicu oleh putusnya hubungan asmara sang pelaku bunuh diri dengan seseorang. Begitupun dengan fenomena maraknya orang yang menderita gangguan jiwa serius.

Dengan kata lain, banyak orang yang menjadi tak stabil lagi jiwa dan pikirannya setelah mengalami patah hati. Memang, siapa pun yang pernah mengalami pasti akan mengatakan patah hati merupakan hal yang menyakitkan. Baik yang memutuskan hubungan maupun yang hubungannya diputuskan umumnya akan mengalami perasaan yang tak mengenakkan. Lalu, bagaimana caranya agar patah hati tak menjerumuskan kita ke arah yang negatif, seperti bunuh diri itu atau guncangan jiwa yang tak tertanggungkan?

Untuk menjawab pertanyaan itu, biasanya para psikolog menyarankan kepada orang yang menderita patah hati untuk tetap percaya diri bahwa masalah itu akan bisa diatasi oleh orang yang bersangkutan. Orang itu harus terus-menurus meyakinkan dirinya bahwa ia bisa mengatasi patah hatinya. Pada gilirannya, ia pun diharapkan bisa menerima kenyataan yang telah terjadi.

Namun melalui masa-masa yang menyakitkan itu memang memerlukan waktu, yang rentangnya bisa tak sama pada masing-masing orang. Rentang waktu itu bergantung pada seberapa keras usaha orang yang sedang patah hati untuk mengatasi masalah yang mengungkung dirinya itu.

Berikut ada sepuluh saran yang dapat Anda jalani jika Anda sedang patah hati dan ingin segera mengakhiri penderitaan Anda:

1. Lupakanlah segala hal yang berhubungan dengan mantan kekasih Anda dan putuskan kontak dengan dia sebisa mungkin. Kalau Anda dan mantan kekasih Anda dulu pernah saling memberi barang, kembalikan saja barang-barang pemberiannya atau singkirkan sementara untuk menghapus kenangan terhadap dia.

2. Evaluasi kegagalan hubungan Anda dan pelajari sebab-sebab kegagalan hubungan Anda itu. Tulislah hubungan yang seperti apa yang sebenarnya Anda inginkan. Mulailah mengisi buku harian untuk menumpahkan unek-unek Anda. Tumpahkan saja seluruhnya dalam buku harian Anda, meskipun itu berupa kata-kata makian yang sangat kasar dan terdengar bodoh. Setelah beberapa hari atau beberapa minggu, baca kembali apa yang telah Anda tulis itu dan jangan kaget Jika Anda kemudian menemukan jalan ke hal-hal yang baru dan dapat lebih memahami kecenderungan yang ada pada diri Anda sendiri.

3. Perbanyak kesibukan sosial yang dapat membantu meringankan penderitaan orang lain. Banyak penelitian membuktikan, menolong orang lain mendatangkan perasaan nyaman bagi pelakunya.

4. Sediakan waktu untuk memperhatikan dan memanjakan diri sendiri. Pergilah menonton, ke salon atau ke spa tanpa merasa terburu-buru. Bisa juga Anda datang ke sebuah pesta yang sudah Anda ketahui sebelumnya hanya akan dihadiri oleh sedikit orang.

5. Jika kesepian menyergap Anda, hubungi atau datangi sahabat atau keluarga Anda. Berbicaralah hal-hal yang bisa membuat kedua belah pihak
senang. misalnya tentang kenangan masa kecil atau ketika masih di sekolah menengah.

6. Jika rasa sakit hati dan marah anda begitu meluap, cari penyaluran yang positif, misalnya berolahraga atau bermain dengan permainan video.

7. Tekuni kembali hobi Anda atau cari kegemaran baru lewat kursus atau pelatihan. Pada kesempatan ini, mungkin Anda masih menutup diri terhadap kemungkinan berkenalan dengan orang-orang baru. Tidak ada yang terlalu cepat untuk bertemu berkenalan dengan orang-orang baru meskipun hubungan Anda dengan kekasih baru berakhir beberapa hari.

8. Bacalah buku atau putarlah film yang dapat menggugah inspirasi Anda ketika perasaan down sedang menyergap.

9. Rayakanlah putusnya hubungan Anda dengan sebuah acara yang Anda buat bersama teman-teman. Nikmati kesenangan sebagai seorang "lajang" bersama mereka.

10. Dekorasi ulang rumah, kamar atau tempat kerja. Mulailah dengan cara membersihkan apa pun yang Anda anggap kotor dan membuang benda-benda yang tak lagi Anda perlukan. Setelah itu, mulailah mendekorasi dan jangan lupa untuk memberi sentuhan personal yang Anda sukai, misalnya mengganti warna cat dengan warna yang Anda sukai, meletakkan bungan segar atau menaruh beberapa lilin pada tempat-tempat tertentu.

Memang, tak ada jaminan yang pasti patah hati Anda akan sembuh jika mengikuti saran-saran tersebut. Tapi, setidaknya langkah-langkah itu dapat menjadi sedikit pemantik untuk menyalakan semangat, sehingga Anda kembali siap menjalin hubungan asmara yang baru.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar